Rancangan Bisnis #PBITUGAS3
Tugas ke 3
Mata kuliah : Pengantar Bisnis Informatika
Kelas : 4IA23
Nama anggota kelompok:
- Diah Putri Lestari (52413354)
- Teguh Dwi Nurcahyo (58413839)
- Adi Taufiq (50413193)
- Yopintaril yogi (59413500)
- Tri Wahono(59413969)
- M.Riki Maulana (55413168)
Dosen : Rina Noviana
HFU Tech Indonesia
JL Jend Sudirman No. 88 Jakarta 14526
Telepon 021-5642346
JL Jend Sudirman No. 88 Jakarta 14526
Telepon 021-5642346
Ringkasan Eksekutif
HFU Tech Indonesia adalah
Perusahaan Teknologi namun bergerak pada bidang kesehatan, memiliki website dan
aplikasi yang menyediakan berbagai tips kesehatan secara herbal, dan
menyediakan suplemen kesehatan untuk menjaga daya tahan tubuh dengan memakai
bahan 100% herbal dan organik.
Tujuan
- Target pasar kami dari tingkat anak – anak sampai orang dewasa
- Sehat dengan bahan herbal
Pernyataan Misi
HFU Tech Indonesia memiliki misi
menyehatkan masyarakat dengan suplemen herbal dan tips - tips hidup sehat.
Perusahaan
HFU Tech Indonesia menjual
suplemen kesehatan untuk menjaga daya tahan tubuh dari segala macam penyakit,
bahan yang digunakan berdasarkan dari bahan-bahan herbal dan organik yang
dijamin bebas dari bahan kimia. Produk yang kami jual dipasarkan melalui
website dan aplikasi mobile. Produk
kami karena berbahan dasar herbal dan organik maka dapat digunakan disegala
kalangan baik anak-anak maupun dewasa
Kepemilikan perusahaan
HFU Tech Indonesia merupakan
perusahaan partnership dimiliki secara bersama dan keuntungan juga dibagi sama
rata bersama.
Sejarah Perusahaan
HFU Tech Indonesia merupakan
perusahaan baru, Kami memulai usaha ini karena ingin menjawab tantangan dari
jiwa kami, dan kami memilih untuk menjual suplemen herbal karena dipasaran
banyak dijual berbagai suplemen dengan bahan – bahan kimia yang menyebabkan
ketergantungan dan masalah kesehatan di kemudian hari. Jadi kami berinofasi
membuat dan menjual suatu produk yang berasal dari bahan – bahan herbal dan
organik jadi bebas dari efek samping.
Lokasi dan Fasilitas Perusahaan
HFU Tech Indonesia bertempat di
Jl. Jend Sudirman No. 88 Jakarta, dan merupakan kantor yang berguna untuk
proses – proses administrasi seperti pemasaran dan pengiriman produk, untuk
pembuatan produk dilakukan di Jl Soekarno-Hatta No 29 Bandung.
Produk
HFU Tech Indonesia menjual produk
kesehatan seperti suplemen dan vitamin, suplemen dan vitamin yang dijual
berdasarkan bahan – bahan alami.
Deskripsi Barang
- Impower merupakan suplemen kesehatan untuk menjaga daya tahan tubuh
- VitC merupakan Vitamin C untuk daya tahan tubuh
- VitE merupakan Vitamen E untuk kulit
Karakteristik dan Perbandingan Kompetitif Barang
Produk yang kami jual berdasarkan
bahan – bahan herbal dan organik tanpa bahan kimia, dan tidak menyebabkan
ketergantungan. Produk yang dijual juga dapat dikonsumsi disegala kalangan
umur. Produk yang dijual dipasarkan secara online melalui mobile application
atau dapat melalu website.
Layanan Konsumen
HFU Tech Indonesia memiliki
layanan interaktif yang beroperasi pada jam kerja yaitu pada jam 08.00 sampai
dengan 16.00, dan HFU Tech Indonesia memiliki garansi jika barang yang
dikirimkan tidak sesuai dengan permintaan atau barang yang dikirimkan tidak
sampai kepada pelanggan.
Analisis Pasar
Analisis Industri
Trend hidup sehat sudah menjadi
trend belakangan ini, jadi kami berinovasi membuat produk untuk menjaga
kesehatan tubuh dari bahan-bahan herbal dan alami jadi tidak memiliki efek
samping pada tubuh.
Peramalan Pasar
HFU Tech Indonesia merupakan
perusahaan baru namun dari segi inovasi kami dapat bersaing dengan perusahaan –
perusahaan besar lainnya dan dari segi produk dijamin memiliki kualitas yang
sangat baik dan dapat bersaing dipasar.
Kunci untuk Sukses
- Bahan produksi berasal dari bahan herbal dan organik
- Harga terjangkau jadi dapat dijangkau disegala kalangan
- Garansi jika terdapat kerusakan atau tidak sampainya barang
Strategi Bisnis dan Implementasi
HFU Tech Indonesia lebih memfokuskan
pada kualitas produk yang dijual dan pelayanan terhadap konsumen.
Periklanan
Untuk iklan HFU Tech Indonesia
melalui media cetak, dan internet
Strategi Pemasaran
HFU Tech Indonesia lebih
memfokuskan pada kualitas produk yang dijual karena produk yang dijual
berdasarkan 100% bahan herbal dan organik dan pelayanan terhadap konsumen yaitu
kami memberikan garansi terhadap produk yang kami jual.
Rencana Penjualan
HFU Tech Indonesia memasarkan
produk melalui internet dan mejual produk secara eceran dan juga partai besar.
HFU Tech Indonesia memiliki tenaga penjualan terlatih yang akan memberikan jasa
dan menghubungkan kontak HFU HFU Tech Indonesia dengan pembeli.
HFU Tech Indonesia akan
memberikan kompensasi kepada tenaga penjual berupa gaji tetap perbulan dan
tambahan bonus gaji setiap ada peningkatan jumlah penjualan setiap bulannya.
Rencana penjualan yang akan
dilakukan oleh HFU Tech Indonesia adalah menggunakan media cetak dan elektronik
untuk memasang iklan dan menarik minat pelanggan sebanyak-banyaknya lalu
membuat sebuah hubungan baik dengna pelanggan dengan memberikan kualitas barang
yang bagus, garansi bila barang tidak selamat sampai tujuan hingga bonus barang
yang akan di dapatkan oleh pelanggan jika membeli barang dalam jumlah partai
besar.
Pelayanan yang baik akan
dilakukan oleh HFU Tech Indonesia sebagai upaya memikat pelanggan baru dan
mempertahankan pelanggan lama.
Aliansi Strategis
HFU Tech Indonesia akan menjalin
aliansi dengan Rumah sakit, Apotek, Klinik dan tempat pengobatan lain. Kerjasama
ini akan menguntungkan bagi HFU Tech Indonesia karna memudahkan kami memasarkan
produk-produk kesehatan kami dan mendapatkan penjualan produk dalam partai
besar. Bagi perusahaan yang bekerja di bidang yang sama dengan HFU Tech
Indonesia akan mendapatkan komisi dari perusahaan kami jika perusahaan tersebut
menjalin kerjasama dengan perusahaan HFU Tech Indonesia. Kerjasama ini bisa
meliputi kerjasama dalam pemasaran produk, Pemasangan iklan di masing-masing
website dan semua kerjasama ini di atur dalam perjanjian kerjasama dan
membatasi produk, waktu kerjasama, peraturan kerjasama dll.
Organisasi
HFU Tech Indonesia adalah
perusahaan e-health yang memasarkan produk-produk kesehatan melalui media
internet, oleh karna itu HFU Tech Indonesia harus mempunyai manajemen Sumber
Daya Manusia yang cukup baik karana SDM yang baik akan berperan sangat penting
bagi kelangsungan suatu perusahaan.
Struktur Organisasi
Struktur Organisasi
perusahaan HFU Tech Indonesia
Tim Manajemen HFU Tech Indonesia
Dr. Maryadi Nurcahyo, Sp. M(k)
Posisi : CEO
Pria
kelahiran Jakarta ini adlaah CEO sekaligus founder perusahaan HFU Tech
Indonesia. Sebelum mendirikan HFU Tech Indonesia beliau pernah menjabat sebagai
kepala laboratorium di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sejak 2001 hingga
2007, Beliau juga pernah mendirikan himpunan pebisnis obat-obatan herbal
indonesia (HPOHI) pada tahun 2012.
Dr. Sri Lestari, Sp.KK
Posisi : Kepala pencegahan dan
pengendalian penyakit
Wanita
lulusan fakultas kedokteran universitas Indonesia ini pernah menjabat sebagai
dokter spesialis penyakit kulit di Rumah sakit Pelita Harapan selama hampir 10
tahun sejak 2001, pada tahun 2012 beliau mendapat penghargaan atas prestasinya
dalam bidanng kedokteran dalam menciptakan obat dari tanaman-tanaman herbal.
Dr.Adi jaya kusuma, MPPM
Posisi : Kepala Pelatihan dan
Pendidikan Karyawan
Pria
kelahiran cirebon ini merupakan lulusan Komunikasi dan Administrasi dari
universitas Adelaide, Australia. Sebelum menjabat sebagai kepada pelatihan dan
pendidikan karyawan di HFU Tech Indonesia, beliau pernah menjabat sebagai
kepala Administrasi dan Komunikasi pada perusahaan united tractor indonesia
periode 2007-2012.
Drg.Yogi Siregar, Sp.KK
Posisi : Kepala Farmasi dan
penelitian
Lulusan
S3 School of Pharmacology University Oxford, Unite Kingdom Inggris, mengawali
karir sejak tahun 2000 di perusahaan sidodadi yang bergerak dalam bidang
kesehatan dan obat-obatan herbal. Pada tahun 2010 menjabat sebagai kepala
laboratorium universitas indonesia Fakultas Kedokteran. Tahun 2016 menjabat
sebagai kepala farmasi dan penelitian sekaligus kepala departemen kekebalan
tubuh di perusahaan HFU Tech Indonesia.
Dr. Triaji Wahono,Ph.D
Posisi : Kepala Keuangan
Sebelum
menjabat sebagai kepada keuangan di HFU Tech Indonesia, beliau merupakan kepala
keuangan Koperasi Indonesia pada tahun 2007 hingga 2012 dan juga sebagai dosen
pengajar ilmu ekonomi dan akutansi di Universitas Trisakti, saat ini beliau
mejabat sebagai kepala keuangan HFU Tech Indonesia.
Tim manajemen HFU Tech Indonesia
terdiri dari 7 anggota yang memiliki masing-masing posisi dan posisi tertinggi
di jabat oleh bapak Dr. Maryadi Nurcahyo, Sp.M(k) selaku CEO sekaligus pendiri
perusahaan HFU Tech Indonesia. HFU Tech Indonesia memiliki 2 departemen yang
pertama adalah departemen penyakit kulit yang di ketuai oleh ibu Dr.Sri
Lestari, departemen ini akan bertanggung jawab atas produk-produk vitamin E
atau produk-produk untuk kesehatan kulit. Departemen kedua adalah departemen
kekebalan tubuh yang di ketuai oleh bapak Drg.Yogi Siregar, Sp.KK dan
departemen ini bertugas untuk membuat produk impower dan vitamin C untuk
kekebalan sistem imun.
Kesenjangan Tim Manajemen
Perusahaan HFU Tech Indonesia
sudah memiliki cukup tenaga ahli untuk menjalankan produksinya, semua hal yang
bersangkutan dengan keuangan seperti pembiayaan karyawan, pajak, dll akan di
tangani oleh bagian keuangan dan di dalam perusahaan HFU Tech Indonesia
terdapat 2 departemen yang bekerja langsung di bawah kendali dari kepala
pelatihan karyawan. Kesenjangan Tim manajemen tidak akan terjadi karna tim
manajemen sudah mendapatkan tugas dan porsinya masing-masing.
Pertimbangan Tim Manajemen Lainnya
Perusahaan HFU Tech Indonesia
memiliki prinsip “jalankan persaingan yang sehat” , maka dari itu setiap
pegawai Perusahaan HFU Tech Indonesia tidak boleh memiliki rasa persaingan
dengan para pesaing yang memiliki konsep pemasaran serupa, malahan sebaiknya
jadikan pesaing sebagai teman untuk maju bersama-sama karna para pesaing ini
secara tidak langsung berkontribusi dalam memperbaiki kualitas produk dan jasa
yang kita tawarkan.
Perusahaan HFU Tech Indonesia
memiliki beberapa investor atau pemegang saham yang terbagi menjadi dua yaitu
pemegang saham utama dan pemegang saham sementara.
Untuk pemegang saham utama atau
sekitar 70% saham adalah uang pribadi dari bapak Dr. Maryadi Nurcahyo, Sp. M(k) selaku pendiri HFU Tech Indonesia,
sisanya adalah saham sementara yang akan berakhir dalam periode tertentu sesuai
perjanjian dalam surat perjanjian kerjasama
Analisis Keuangan
Perusahaan HFU Tech Indonesia
adalah sebuah perusahaan start-up yang baru memiliki puluhan karyawan sehingga
biaya pengelolaan produksinya kecil. Tim manajemen HFU Tech Indonesia telah menentukan manajemen biaya untuk tiga
tahun kedepan seperti masalah modal, biaya operasional, dll. Karna Perusahaan
HFU Tech Indonesia bergerak dalam bidang obat-obatan herbal maka hal-hal yang
perlu di perhatikan hanyalah sebatas bidang kesehatan seperti alat pengukur
tensi, masker, sarung tangan, dan bahan-bahan penunjang produksi lainnya.
Rencana Keuangan
Pada tahun pertama pendirian HFU
Tech Indonesia tim manajemen sudah harus memikirkan bagaimana cara return
investment atau pengembalian modal pada tahun pertama, modal HFU Tech Indonesia
berasal dari dua sumber yaitu pemegang saham dan google play store.
Tim manajemen HFU Tech Indonesia
telah merencankan untuk menjalin kerjasama dengan beberapa rumah sakit besar,
klinik kecantikan, apotek untuk memasarkan produk HFU Tech Indonesia dalam partai
besar, hal ini akan mengurangi biaya pengiriman dll.
Kapitalisasi dan Biaya Start-Up
Tabel kapitalisasi adalah tabel
yang menunjukkan kapitalisasi perusahaan yang biasanya meliputi jumlah modal
yang diperoleh dari tiap sumber, hutang jangka panjang dan ekuitas umum dan
rasio kapitalisasi masing-masing
Tabel Pemegang saham
Biaya Start-Up
Tabel Biaya startup
Laporan Keuangan
Laporan Tahun Ke-1
Tabel laporan
keuangan
Estimasi Biaya
Artikel diatas merupakan artikel sebagai pemenuhan tugas
mata kuliah Pengantar Bisnis Informatika. Nama perusahaan dan lain sebagainya
hanyalah fiktif belaka.
Referensi :
http://softskillgundarkalimalang.blogspot.co.id/2016/11/bisnis-di-jalan-pramuka.html
Komentar
Posting Komentar