Rancangan Bisnis #PBITUGAS3



Tugas ke 3
Mata kuliah : Pengantar Bisnis Informatika
Kelas :  4IA23
Nama anggota kelompok:

  • Diah Putri Lestari (52413354)
  • Teguh Dwi Nurcahyo (58413839)
  • Adi Taufiq (50413193)
  • Yopintaril yogi (59413500)
  • Tri Wahono(59413969)
  • M.Riki Maulana (55413168)
      Dosen : Rina Noviana

HFU Tech Indonesia
JL Jend Sudirman No. 88 Jakarta 14526
Telepon 021-5642346

Ringkasan Eksekutif
HFU Tech Indonesia adalah Perusahaan Teknologi namun bergerak pada bidang kesehatan, memiliki website dan aplikasi yang menyediakan berbagai tips kesehatan secara herbal, dan menyediakan suplemen kesehatan untuk menjaga daya tahan tubuh dengan memakai bahan 100% herbal dan organik.

Tujuan
  • Target pasar kami dari tingkat anak – anak sampai orang dewasa
  • Sehat dengan bahan herbal
Pernyataan Misi
HFU Tech Indonesia memiliki misi menyehatkan masyarakat dengan suplemen herbal dan tips  - tips hidup sehat.

Perusahaan
HFU Tech Indonesia menjual suplemen kesehatan untuk menjaga daya tahan tubuh dari segala macam penyakit, bahan yang digunakan berdasarkan dari bahan-bahan herbal dan organik yang dijamin bebas dari bahan kimia. Produk yang kami jual dipasarkan melalui website dan aplikasi mobile. Produk kami karena berbahan dasar herbal dan organik maka dapat digunakan disegala kalangan baik anak-anak maupun dewasa

Kepemilikan perusahaan
HFU Tech Indonesia merupakan perusahaan partnership dimiliki secara bersama dan keuntungan juga dibagi sama rata bersama.

Sejarah Perusahaan
HFU Tech Indonesia merupakan perusahaan baru, Kami memulai usaha ini karena ingin menjawab tantangan dari jiwa kami, dan kami memilih untuk menjual suplemen herbal karena dipasaran banyak dijual berbagai suplemen dengan bahan – bahan kimia yang menyebabkan ketergantungan dan masalah kesehatan di kemudian hari. Jadi kami berinofasi membuat dan menjual suatu produk yang berasal dari bahan – bahan herbal dan organik jadi bebas dari efek samping.

Lokasi dan Fasilitas Perusahaan
HFU Tech Indonesia bertempat di Jl. Jend Sudirman No. 88 Jakarta, dan merupakan kantor yang berguna untuk proses – proses administrasi seperti pemasaran dan pengiriman produk, untuk pembuatan produk dilakukan di Jl Soekarno-Hatta No 29 Bandung.

      Produk 
      HFU Tech Indonesia menjual produk kesehatan seperti suplemen dan vitamin, suplemen dan vitamin yang dijual berdasarkan bahan – bahan alami. 
      
       Deskripsi Barang 
  • Impower merupakan suplemen kesehatan untuk menjaga daya tahan tubuh
  • VitC merupakan Vitamin C untuk daya tahan tubuh
  • VitE merupakan Vitamen E untuk kulit
Karakteristik dan Perbandingan Kompetitif Barang
Produk yang kami jual berdasarkan bahan – bahan herbal dan organik tanpa bahan kimia, dan tidak menyebabkan ketergantungan. Produk yang dijual juga dapat dikonsumsi disegala kalangan umur. Produk yang dijual dipasarkan secara online melalui mobile application atau dapat melalu website.

Layanan Konsumen
HFU Tech Indonesia memiliki layanan interaktif yang beroperasi pada jam kerja yaitu pada jam 08.00 sampai dengan 16.00, dan HFU Tech Indonesia memiliki garansi jika barang yang dikirimkan tidak sesuai dengan permintaan atau barang yang dikirimkan tidak sampai kepada pelanggan.

Analisis Pasar
Analisis Industri
Trend hidup sehat sudah menjadi trend belakangan ini, jadi kami berinovasi membuat produk untuk menjaga kesehatan tubuh dari bahan-bahan herbal dan alami jadi tidak memiliki efek samping pada tubuh.

Peramalan Pasar
HFU Tech Indonesia merupakan perusahaan baru namun dari segi inovasi kami dapat bersaing dengan perusahaan – perusahaan besar lainnya dan dari segi produk dijamin memiliki kualitas yang sangat baik dan dapat bersaing dipasar.

Kunci untuk Sukses
  • Bahan produksi berasal dari bahan herbal dan organik
  • Harga terjangkau jadi dapat dijangkau disegala kalangan
  • Garansi jika terdapat kerusakan atau tidak sampainya barang

Strategi Bisnis dan Implementasi
HFU Tech Indonesia lebih memfokuskan pada kualitas produk yang dijual dan pelayanan terhadap konsumen.

Periklanan
Untuk iklan HFU Tech Indonesia melalui media cetak, dan internet

Strategi Pemasaran
HFU Tech Indonesia lebih memfokuskan pada kualitas produk yang dijual karena produk yang dijual berdasarkan 100% bahan herbal dan organik dan pelayanan terhadap konsumen yaitu kami memberikan garansi terhadap produk yang kami jual.

Rencana Penjualan
HFU Tech Indonesia memasarkan produk melalui internet dan mejual produk secara eceran dan juga partai besar. HFU Tech Indonesia memiliki tenaga penjualan terlatih yang akan memberikan jasa dan menghubungkan kontak HFU HFU Tech Indonesia dengan pembeli.
HFU Tech Indonesia akan memberikan kompensasi kepada tenaga penjual berupa gaji tetap perbulan dan tambahan bonus gaji setiap ada peningkatan jumlah penjualan setiap bulannya.
Rencana penjualan yang akan dilakukan oleh HFU Tech Indonesia adalah menggunakan media cetak dan elektronik untuk memasang iklan dan menarik minat pelanggan sebanyak-banyaknya lalu membuat sebuah hubungan baik dengna pelanggan dengan memberikan kualitas barang yang bagus, garansi bila barang tidak selamat sampai tujuan hingga bonus barang yang akan di dapatkan oleh pelanggan jika membeli barang dalam jumlah partai besar.
Pelayanan yang baik akan dilakukan oleh HFU Tech Indonesia sebagai upaya memikat pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama.

Aliansi Strategis
HFU Tech Indonesia akan menjalin aliansi dengan Rumah sakit, Apotek, Klinik dan tempat pengobatan lain. Kerjasama ini akan menguntungkan bagi HFU Tech Indonesia karna memudahkan kami memasarkan produk-produk kesehatan kami dan mendapatkan penjualan produk dalam partai besar. Bagi perusahaan yang bekerja di bidang yang sama dengan HFU Tech Indonesia akan mendapatkan komisi dari perusahaan kami jika perusahaan tersebut menjalin kerjasama dengan perusahaan HFU Tech Indonesia. Kerjasama ini bisa meliputi kerjasama dalam pemasaran produk, Pemasangan iklan di masing-masing website dan semua kerjasama ini di atur dalam perjanjian kerjasama dan membatasi produk, waktu kerjasama, peraturan kerjasama dll.

Organisasi
HFU Tech Indonesia adalah perusahaan e-health yang memasarkan produk-produk kesehatan melalui media internet, oleh karna itu HFU Tech Indonesia harus mempunyai manajemen Sumber Daya Manusia yang cukup baik karana SDM yang baik akan berperan sangat penting bagi kelangsungan suatu perusahaan.

Struktur Organisasi
Struktur Organisasi perusahaan HFU Tech Indonesia


Tim Manajemen HFU Tech Indonesia

Dr. Maryadi Nurcahyo, Sp. M(k)
Posisi : CEO
                Pria kelahiran Jakarta ini adlaah CEO sekaligus founder perusahaan HFU Tech Indonesia. Sebelum mendirikan HFU Tech Indonesia beliau pernah menjabat sebagai kepala laboratorium di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sejak 2001 hingga 2007, Beliau juga pernah mendirikan himpunan pebisnis obat-obatan herbal indonesia (HPOHI) pada tahun 2012.

Dr. Sri Lestari, Sp.KK
Posisi : Kepala pencegahan dan pengendalian penyakit
                Wanita lulusan fakultas kedokteran universitas Indonesia ini pernah menjabat sebagai dokter spesialis penyakit kulit di Rumah sakit Pelita Harapan selama hampir 10 tahun sejak 2001, pada tahun 2012 beliau mendapat penghargaan atas prestasinya dalam bidanng kedokteran dalam menciptakan obat dari tanaman-tanaman herbal.

Dr.Adi jaya kusuma, MPPM
Posisi : Kepala Pelatihan dan Pendidikan Karyawan
                Pria kelahiran cirebon ini merupakan lulusan Komunikasi dan Administrasi dari universitas Adelaide, Australia. Sebelum menjabat sebagai kepada pelatihan dan pendidikan karyawan di HFU Tech Indonesia, beliau pernah menjabat sebagai kepala Administrasi dan Komunikasi pada perusahaan united tractor indonesia periode 2007-2012.

Drg.Yogi Siregar, Sp.KK
Posisi : Kepala Farmasi dan penelitian
                Lulusan S3 School of Pharmacology University Oxford, Unite Kingdom Inggris, mengawali karir sejak tahun 2000 di perusahaan sidodadi yang bergerak dalam bidang kesehatan dan obat-obatan herbal. Pada tahun 2010 menjabat sebagai kepala laboratorium universitas indonesia Fakultas Kedokteran. Tahun 2016 menjabat sebagai kepala farmasi dan penelitian sekaligus kepala departemen kekebalan tubuh di perusahaan HFU Tech Indonesia.

Dr. Triaji Wahono,Ph.D
Posisi : Kepala Keuangan
                Sebelum menjabat sebagai kepada keuangan di HFU Tech Indonesia, beliau merupakan kepala keuangan Koperasi Indonesia pada tahun 2007 hingga 2012 dan juga sebagai dosen pengajar ilmu ekonomi dan akutansi di Universitas Trisakti, saat ini beliau mejabat sebagai kepala keuangan HFU Tech Indonesia.
Tim manajemen HFU Tech Indonesia terdiri dari 7 anggota yang memiliki masing-masing posisi dan posisi tertinggi di jabat oleh bapak Dr. Maryadi Nurcahyo, Sp.M(k) selaku CEO sekaligus pendiri perusahaan HFU Tech Indonesia. HFU Tech Indonesia memiliki 2 departemen yang pertama adalah departemen penyakit kulit yang di ketuai oleh ibu Dr.Sri Lestari, departemen ini akan bertanggung jawab atas produk-produk vitamin E atau produk-produk untuk kesehatan kulit. Departemen kedua adalah departemen kekebalan tubuh yang di ketuai oleh bapak Drg.Yogi Siregar, Sp.KK dan departemen ini bertugas untuk membuat produk impower dan vitamin C untuk kekebalan sistem imun.

Kesenjangan Tim Manajemen
Perusahaan HFU Tech Indonesia sudah memiliki cukup tenaga ahli untuk menjalankan produksinya, semua hal yang bersangkutan dengan keuangan seperti pembiayaan karyawan, pajak, dll akan di tangani oleh bagian keuangan dan di dalam perusahaan HFU Tech Indonesia terdapat 2 departemen yang bekerja langsung di bawah kendali dari kepala pelatihan karyawan. Kesenjangan Tim manajemen tidak akan terjadi karna tim manajemen sudah mendapatkan tugas dan porsinya masing-masing.

Pertimbangan Tim Manajemen Lainnya
Perusahaan HFU Tech Indonesia memiliki prinsip “jalankan persaingan yang sehat” , maka dari itu setiap pegawai Perusahaan HFU Tech Indonesia tidak boleh memiliki rasa persaingan dengan para pesaing yang memiliki konsep pemasaran serupa, malahan sebaiknya jadikan pesaing sebagai teman untuk maju bersama-sama karna para pesaing ini secara tidak langsung berkontribusi dalam memperbaiki kualitas produk dan jasa yang kita tawarkan.
Perusahaan HFU Tech Indonesia memiliki beberapa investor atau pemegang saham yang terbagi menjadi dua yaitu pemegang saham utama dan pemegang saham sementara.
Untuk pemegang saham utama atau sekitar 70% saham adalah uang pribadi dari bapak Dr. Maryadi Nurcahyo, Sp. M(k) selaku pendiri HFU Tech Indonesia, sisanya adalah saham sementara yang akan berakhir dalam periode tertentu sesuai perjanjian dalam surat perjanjian kerjasama

Analisis Keuangan
Perusahaan HFU Tech Indonesia adalah sebuah perusahaan start-up yang baru memiliki puluhan karyawan sehingga biaya pengelolaan produksinya kecil. Tim manajemen HFU Tech Indonesia  telah menentukan manajemen biaya untuk tiga tahun kedepan seperti masalah modal, biaya operasional, dll. Karna Perusahaan HFU Tech Indonesia bergerak dalam bidang obat-obatan herbal maka hal-hal yang perlu di perhatikan hanyalah sebatas bidang kesehatan seperti alat pengukur tensi, masker, sarung tangan, dan bahan-bahan penunjang produksi lainnya.

Rencana Keuangan
Pada tahun pertama pendirian HFU Tech Indonesia tim manajemen sudah harus memikirkan bagaimana cara return investment atau pengembalian modal pada tahun pertama, modal HFU Tech Indonesia berasal dari dua sumber yaitu pemegang saham dan google play store.
Tim manajemen HFU Tech Indonesia telah merencankan untuk menjalin kerjasama dengan beberapa rumah sakit besar, klinik kecantikan, apotek untuk memasarkan produk HFU Tech Indonesia dalam partai besar, hal ini akan mengurangi biaya pengiriman dll.

Kapitalisasi dan Biaya Start-Up
Tabel kapitalisasi adalah tabel yang menunjukkan kapitalisasi perusahaan yang biasanya meliputi jumlah modal yang diperoleh dari tiap sumber, hutang jangka panjang dan ekuitas umum dan rasio kapitalisasi masing-masing
Tabel Pemegang saham


Biaya Start-Up

 Tabel Biaya startup

Laporan Keuangan
Laporan Tahun Ke-1
Tabel laporan keuangan
Estimasi Biaya

Artikel diatas merupakan artikel sebagai pemenuhan tugas mata kuliah Pengantar Bisnis Informatika. Nama perusahaan dan lain sebagainya hanyalah fiktif belaka.

Referensi  :


http://softskillgundarkalimalang.blogspot.co.id/2016/11/bisnis-di-jalan-pramuka.html

Komentar

Postingan Populer