#PetGame Sejarah Game (Konvensional & Modern)

Assalamualaikum... 
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai sejarah game yang ada didunia ini dari konvensional dan modern. 
  1. Game Konvensional
    Beberapa fakta terdahulu ditemukan bahwa Board Game merupakan jenis permainan tertua yang pernah ditemukan umat manusia. Board Game ditemukan di makam-makam dan kuburan atau di lukisan-lukisan serta pahatan kuno masa lalu. Permainan ini merupakan peninggalan budaya lalu (folktales) sederhana yang biasa terbuat dari tanah kayu dan batu. (Flanagan: 63). Pada masa lalu Board Game sering dimainkan oleh para penguasa seperti raja dan jajarannya. Papan permainannya biasa terbuat dari material yang mewah dan memiliki nilai tinggi seperti gading, batu mulia dan material berharga lainnya. 

karena berdasarkan fakta-fakta terdahulu mengenai board game merupakan jenis permainan tertua didunia dan merupakan cikal bakal banyak permainan yang ada pada jaman sekarang ini maka untuk game konvensional saya akan memfokuskan dalam membahas sejarah game konvensional yaitu board game. 
  • TAFL
    TAFL merupakan permainan yang bermula diSkandinavia yang merupakan permainan yang sangat populer dibangsa Viking. TAFL diperkirakan merupakan permainan yang dikembangkan dari permainan perang Romawi yang disebut ludus latruncolorum. Aturan permainan TAFL adalah satu pemain bertujuan untuk mengamankan rajanya dari tengah papan menuju tepi, sementara lawan melakukan segala sesuatu yang dia bisa untuk menangkapnya.
Peta Penyebaran TAFL


Permainan TAFL



  •  The Landlord's Game asal muasal Monopoli
    The Landlord's Game. diciptakan pada tahun 1903 oleh aktris Maryland Lizzie Magie. Papan permainan terdiri dari jalur persegi, dengan deretan properti disekitar bagian luar dimana tiap pemain bisa membeli. papan permainan memiliki empat jalur kereta api, dua utilitas, penjara, dan sudut bernama "Labor Upon Mother Earth Produces Wages" , dimana pemain menerima $100 setiap kali mereka melewatinya.
    Kemudian Magie memperkenalkan permainan The Landlord’s Game ini pada tahun 1904. Permainan ini tidak dipatenkan, selain itu tidak ada produsen selain The Economic Game Company yang memproduksi hingga tahun 1910 di New York. Kemudian di Britania Raya permainan ini diterbitkan pada tahun 1913 oleh The Newbie Game Company di London dengan nama Brer Fox an’ Brer Rabbit.
    Permainan ini mulai tersebar dari mulut ke mulut serta variasi dari bermain dari lokal yang mulai berkembang yang diikuti dengan penjualan mainan tersebut. Dan salah satunya adalah Auction Monopoly yang kemudian di singkat menjadi Monopoli. Secara perlahan permainan ini mulai dipelajari oleh Charles Darrow yang akhirnya dipatenkan dan di jual kepada Parker Brothers sebagai penemunya sendiri. Akhirnya, Parker Brothers mulai memproduksi mainan Monopoli secara luas pada 5 November 1935.
The Landlord's game

Monopoli
  • Caturanga asal muasal permainan Catur
    Sejarah permainan ini bermula pada abad ke-6, di India. Selama masa pemerintahan raja-raja Gupta, permainan ini disebut caturaṅga. Dari India, catur menyebar ke Persia dan disebut sebagai shatranj di Sassanid. Aturan permainan ini lantas dikembangkan lebih lanjut, dan segera, Shatranj menjadi aktivitas rekreasi kerajaan favorit di dunia muslim. Dari Persia, catur kemudian menyebar ke Arab. Catur selanjutnya dikenal di seluruh Spanyol dengan nama ajedrez dan sebagai xadrez di Portugal. Perlahan-lahan, caturanga menjadi zatrikion dalam bahasa Yunani, dan akhirnya menyebar di Eropa. Pada masa-masa kemudian, papan permainan catur didistribusikan dalam bentuk souvenir dan cinderamata di keluarga kerajaan dan masyarakat umum. Penelitian sejarah menunjukkan bahwa catur mencapai Eropa Barat dan Rusia pada abad ke-9. Orang Moor dikreditkan sebagai yang mempopulerkan permainan ini di Semenanjung Iberia, di abad ke-10 dan disebutkan dalam naskah abad ke-13 sebagai shatranj. Pada tahun 1200, aturan permainan catur mulai didefinisikan di Eropa selatan. Sedangkan aturan yang menjadi dasar aturan modern pertama kali diadopsi di Spanyol dan Italia. Aturan ini lantas menyebar ke seluruh dunia barat, kecuali aturan ‘stalemate’. Aturan ini baru didefinisikan pada abad ke-19, dan kemudian mendapat julukan baru: Western Chess. Buku yang menulis teori awal catur ditulis pada abad ke-15. Buku ‘Repetición de Amores y Arte de Ajedrez’ atau ‘Pengulangan Cinta dan Seni Bermain Catur’ diterbitkan pada tahun 1497, dan ditulis oleh Luis Ramirez de Lucena.Sementara itu, di Eropa, banyak aturan awal ditentukan oleh Lucena, Pedro Damiano, Giovanni Leonardo Di Bona, Giulio Cesare Polerio, Gioachino Greco, dan Ruy López de Segura.Pada abad ke-18, catur menjadi sangat terkenal di Eropa Selatan dan Perancis. François-André Danican Philidor, Louis-Charles de Mahé La Bourdonnais, dan Alexander McDonnell adalah di antara beberapa grandmaster catur pertama. 
    Caturanga 
    Catur

    2. Game Modern
    Sejarah video game atau game PC dimulai pada era 1950an. Dan mulai dikembangkan di era 1960an pada komputer mainframe. Secara bertahap perkembangan   video game pun mulai berkembang semakin canggih dan dikembangkan juga dibeberapa platform seperti: arcade, mainframe, konsol, pribadi computer dan kemudian di HP. Untuk  lebih jelasnya berikut ini adalah sejarah perkembangan video game baik yang konsol maupun PC.
    Asal usul permainan video/video game (game PC) terletak pada awal tabung sinar katoda  berbasis  pertahanan  peluru kendali sistem pada akhir 1940-an. Program-program ini kemudian diadaptasi ke dalam permainan sederhana lainnya di era tahun 1950-an. Pada akhir 1950-an dan melalui tahun 1960-an, lebih banyak permainan komputer yang dikembangkan  (kebanyakan di computer mainframe), secara bertahap tingkat kecanggihan dan kompleksitasnya  pu  turut  bertambah. Setelah periode ini, video game menyimpang ke berbagai platform: arcade, mainframe, konsol, pribadi komputer dan kemudian permainan genggam.
    Perusahaan komersial pertama konsol permainan video adalah Computer Space pada 1971, yang meletakkan dasar bagi industri hiburan baru di akhir 1970-an di Amerika Serikat, Jepang, dan Eropa. Tetapi perusahaan ini tidak bertahan lama disebabkan  oleh  banjir dari  video game yang datang  ke  pasar mengakibatkan keruntuhan total industri game konsol  di  seluruh dunia, akhirnya menggeser dominasi pasar dari Amerika Utara ke Jepang. Tapi inihanya mempengaruhi pasar game konsol, pasar game komputer sebagian besar tidak terpengaruh.
    Generasi selanjutnya dari konsol video game akan terus didominasi oleh perusahaan-perusahaan Jepang. Walaupun beberapa  upaya  akan  dilakukan oleh Amerika Utara dan  perusahaan-perusahaan  Eropa, generasi keempat konsol, usaha mereka pada akhirnya akan  gagal. Tidak sampai generasi keenam  konsol permainan video akan non-perusahaan Jepang merilis sebuah sistem konsol sukses secara komersial. Pasar telah mengikuti jalan yang sama dengan beberapa kali gagal dilakukan  oleh  perusahaan-perusahaan Amerika yang semuanya gagal di luar beberapa keberhasilan terbatas dalam permainan elektronik genggam sejak dini.
     
    1. Generasi Pertama
    Pada tahun 1966, video game mulai memasuki babak awal perkembangannya. Ide-ide kreatif bermunculan, dan sebagian besar dimotori oleh mahasiswa-mahasiswa yang menghabiskan waktu luangnya dengan memanfaatkan fasilitas teknologi informasi di kampus. Konsol game Baer yang prototipenya diberi nama Brown Box, kemudian meluncur dengan nama Magnavox Odyssey (Mei 1972), berisi 16 game built-in yang dapat diganti-ganti dengan menggunakan sebuah switch. Terjual sampai 200.000 unit, Magnavox Odyssey tercatat sebagai konsol video game pertama di dunia.
    Konsol Game Generasi Pertama


     2. Generasi Kedua
    Dalam sejarah video game, generasi kedua (biasa disebut sebagai awal era 8 bit atau kurang lebih 4 bit era) dimulai pada tahun 1976 dengan merilis Fairchild Channel F dan Radofin 1292 Advanced Programmable Video sistem. Di era generasi kedua ini yang menjadi primadona konsol game adalah konsol game ATARI ,di antaranya adalah: Fairchild Channel F, Atari 2600, Magnavox Odyssey ver. 2, Atari 5200.
    Konsol Game Generasi Kedua

    3. Generasi Ketiga
    Generasi ketiga dimulai pada tahun 1983 dengan dipasarkannya Japan Family Computer atau lebih dikenal dengan nama FAMICOM (kemudian dikenal sebagai Nintendo Entertainment System di seluruh dunia). Walaupun konsol generasi sebelumnya juga menggunakan 8-bit processor, pada akhir generasi inilah konsol rumah yang pertama kali diberi label oleh mereka “bit.” Di Amerika Serikat, generasi ini di game ini terutama didominasi oleh NES / Famicom. Di era ini pulalah terjadi perang konsol game yang pertama antara perusahaan konsol Nintendo dengan SEGA. Menyoal video game 8-bit.
    Konsol Game Generasi Ketiga
     4. Generasi Keempat
    Generasi ini disebut-sebut sebagai “zaman emas” dalam dunia video game. Masa di mana konsol 16-bit muncul dan membawa perubahan drastis pada grafik, tata suara, dan gameplay. Era ini juga kian memanas saat terjadinya persaingan seru antara Sega dan Nintendo. Pada tahun 1990, Sega menggelontorkan Sega Megadrive/Genesis, konsol 16-bit yang memukau perhatian pecinta game, khususnya Amerika. Selanjutnya, Sega merilis game yang akhirnya menjadi maskot Sega, Sonic the Hedgehog (1991). Game ini lagi-lagi mencengangkan para pecinta game, karena game tersebut memiliki grafik dan tata suara yang kualitasnya jauh di atas Super Mario Bros yang merupakan game buatan Nintendo.
    Rivalitas yang legendaris, Super NES dan Mario Brothers sebagai ikonnya melawan SEGA Mega Drive dan Sonic the Hedgehog sebagai ikonnya.
    Konsol Game Generasi Keempat
    5. Generasi Kelima
    Generasi kelima atau disebut juga dengan era konsol 32 bit. dimana konsol game yang paling populer pada generasi ini adalah Sony Playstation. PS1 ini dirilis pada 3 Desember 1994 di Jepang. Game pertama yang dirilis di tanggal yang sama yaitu Crime Crackers.
    Konsol Game Generasi Kelima
     6. Generasi Keenam
    Generasi keenam dibuka dengan peluncuran konsol terakhir Sega, Dreamcast (1999). Konsol unik ini memiliki fitur game online, dan merupakan konsol game 128-bit pertama. Sayang, Sega gulung tikar dan memutuskan untuk hengkang dari dunia konsol game dua tahun berikutnya. Pada tahun 2001, Sony menggeber PS2, disusul Nintendo dengan GameCube-nya. Kali ini, keduanya menuai kesuksesan yang hampir berimbang, meskipun PS2 masih menduduki peringkat teratas. Pada era ini, Nintendo juga mengeluarkan dua konsol genggam, yaitu Gameboy Advance, dan Nintendo DS, handheld terbaru Nintendo yang berlayar ganda dan memiliki fitur online serta touch sensitive. Sony pun mengeluarkan versi ekonomis dari PS, yaitu PSone. Lalu, mereka memproduksi handheld pertamanya, PlayStation Portable (PSP) yang hingga saat ini terus membayangi kesuksesan Nintendo DS.
    Konsol Game Generasi Keenam
     7. Generasi Ketujuh
    Microsoft telah menggeber XBox 360, sementara itu Sony dan Nintendo dengan PS3 dan Wii. Pada generasi ketujuh ini konsol game memiliki grafis 3D yang sangat real. selain itu juga pada generasi ini konsol game juga menggunakan fitur-fitur yang ada di komputer, seperti wifi dan koneksi internet. Sehingga memungkinkan masing-masing device saling terhubung dan para pengguna bisa bermain secara multiplayer walaupun terpisah ruang.
    Konsol Game Generasi ketujuh
    8. Generasi Kedelapan
    Di generasi kedelapan, konsol game semakin canggih dengan berbagai dukungan sensor hingga hadirnya fitur-fitur yang tidak hanya mampu sebagai konsol game, namun juga mampu sebagai Multimedia-Machine. Seperti Microsoft XBOX-One dengan Sensor Kinect , Nintendo Wii-U dengan sensor Wii Remote dan Playstation 4 dengan Sensor Playstation Move.
    Konsol Game Generasi Kedelapan


    Sumber :


    http://www.kenapasih.com/sejarah-dan-asal-usul-permainan-monopoli/
    http://www.wadezig.com/2015/konsol-game-dari-masa-ke-masa/












Komentar

Postingan Populer