#PetGame Scene Graph

Assalamualaikum..
pada kesempatan kali saya akan membahas mengenai scene graph, dalam pembahasan ini saya akan memfokuskan kepada 3 buah 3D engine game yaitu OGRE 3D, Unity 3D, dan  Game Maker.

1. OGRE 3D
OGRE 3D sejak tahun 2001 menjadi salah satu yang paling populer dalam Open source graphics rendering engine. OGRE (Object-oriented Graphics Rendering Engine) adalah proyek open source yang diciptakan oleh Steve Streeting dan masih terus dikembangkan oleh Ogre Team sampai saat ini. OGRE adalah graphic  engine yang bekerja secara realtime. Berdasarkan  pengertian ini bisa diketahui bahwa OGRE hanya menangani grafis saja. Tetapi OGRE dapat digabungkan dengan library - library lain sehingga menjadi sebuah game engine. OGRE memungkinkan penggunanya untuk menampilkan Grafis 3D pada aplikasi yang dibuat dengan cara yang berorientasi obyek.

Fitur dalam OGRE
  • Sederhana, mudah digunakan berbasis objek dirancang untuk meminimalkan upaya yang diperlukan untuk membuat adegan 3D.
  • Desain rapi, bersih dan dokumentasi penuh dari semua kelas.
  • aplikasi berjalan cepat dan sederhana 

 2. Unity 3D
Unity merupakan ekosistem pengembangan game: mesin render yang kuat terintegrasi dengan satu set lengkap alat intuitif dan alur kerja yang cepat untuk membuat konten 3D interaktif, penerbitan multiplatform yang mudah, ribuan kualitas, aset siap pakai di Asset Store dan berbagi pengetahuan di komunitas.
Untuk developer dan studio independen, Unity dengan demokratisasi ekosistem menghancurkan waktu dan biaya hambatan untuk menciptakan permainan unik dan indah. Mereka menggunakan Unity untuk membangun penghidupan melakukan apa yang mereka suka: menciptakan permainan yang menghubungkan dan menyenangkan pemain pada platform apapun.
Unity Software
Unity merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan game multi platform yang didesain untuk mudah digunakan. Unity itu bagus dan penuh perpaduan dengan aplikasi yang profesional. Editor pada Unity dibuat degan user interface yang sederhana. Editor ini dibuat setelah ribuan jam yang mana telah dihabiskan untuk membuatnya menjadi nomor satu dalam urutan rankking teratas untuk editor game. Grafis pada unity dibuat dengan grafis tingkat tinggi untuk OpenGL dan directX. Unity mendukung semua format file, terutamanya format umum seperti semua format dari art applications. Unity cocok dengan versi 64-bit dan dapat beroperasi pada Mac OS x dan windows dan dapat menghasilkan game untuk Mac, Windows, Wii, iPhone, iPad dan Android.
Unity secara rinci dapat digunakan untuk membuat video game 3D, real time animasi 3D dan visualisasi arsitektur dan isi serupa yang interaktif lainnya. Editor Unity dapat menggunakan plugin untuk web player dan menghasilkan game browser yang didukung oleh Windows dan Mac. Plugin web player dapat juga dipakai untuk widgets Mac. Unity juga akan mendukung  console terbaru seperti PlayStation 3 dan Xbox 360. Pada tahun 2010, telah memperoleh Technology Innovation Award yang diberikan oleh Wall Street Journal dan tahun 2009, Unity Technology menjadi 5 perusahaan game terbesar. Tahun 2006, menjadi juara dua pada Apple Design Awards.
Server aset dari Unity dapat digunakan semua scripts dan aset game sebagai solusi dari versi kontrol dan dapat mendukung proyek yang terdiri atas banyak gigabytes dan ribuan dari file multi-megabyte. Editor Unity dapat menyimpan metadata dan versi mereka, itu dapat berjalan , pembaharuan dan didalam perbandingan versi grafis. Editor Unity dapat diperbaharui dengan sesegera mungkin seperti file yang telah dimodifikasi. Server aset Unity juga cocok pada Mac, Windows dan Linux dan juga berjalan pada PostgreSQL, database server opensource.
Perizinan atau license dari Unity ada dua bentuk. Ada Unity dan Unity Pro. Versi Unity tersedia dalam bentuk gratis, sedang versi Unity Pro hanya dapat dibeli. Versi Unity Pro ada dengan fitur bawaan seperti efek post processing dan render efek texture. Versi Unity merupakan yang gratis memperlihatkan aliran untuk game web dan layar splash untuk game yang berdiri sendiri. Unity dan Unity Pro menyediakan tutorial, isi, contoh project, wiki, dukungan melalui forum dan perbaruan kedepannya. Unity digunakan pada iPhone, iPod dan iPad operating system yang mana iOS ada sebagai add-ons pada Unity editor yang telah ada lisensinya, dengan cara yang sama juga pada Android.

Game yang dibuat dengan Unity 3D (Temple Run OZ)


3. Game Maker
Gamemaker (GM) adalah game engine untuk pengembangan game 2D yang dibuat oleh YoYoGame. GM  bertujuan membantu orang mengembangkan game tanpa perlu mengetahui bahasa pemrograman terlebih dulu . GM menggunakan konsep visual coding interface berbasis drag-drop sehingga cocok untuk pemula atau orang yang belum kemampuan latar belakang pemrograman.  
Bagi pengguna yang memiliki kemampuan coding, GM menyediakan bahasa pemrograman untuk user yang membutuhkannya yang disebut GameMaker Language (GML). GM dapat digunakan untuk membuat game 3D, walaupun fokus utama tetap untuk game 2D
Ada beberapa versi untuk GM, versi gratis hanya dapat membuat aplikasi Desktop Windows dengan splash screen wajib, versi Pro mendapat tambahan fitur texture management,  export ke Windows App dan opsi untuk membeli modul export platform lain seperti Android, HTML5, iOS. Sedangkan Versi Master adalah yang mahal dan paling lengkap.
Komponen GameMaker
Sprites
Gambar untuk game. Sprites dapat berisi gambar tunggal atau urutan gambar untuk animasi.
Sounds
Suara untuk efek atau backgroud. Format yang umum adalah OGG, MP3 dan WAV. WAV lebih sering digunakan untuk sound effect.
Background
Gambar untuk latar belakang. Backround digunakan untuk tiles (kumpulan gambar untuk menggambarkan sebuah daerah) yang nanti diletakkan di game dengan room editor. Background juga digunakan untuk menyimpan texture untuk game 3D.
Paths
Path digunakan sebagai jalur untuk objek dalam game. Cocok misalnya untuk game berjenis Tower Defense.
Scripts
Code yang dapat digunakan objek game. Bisa saja satu objek menggunakan script yang sama.
Shaders
Untuk efek grafik seperti Gaussian Blur untuk pencahayaan. 

TimeLines
Timer untuk event.
Objects
Bersama room, elemen terpenting dalam game. Objek adalah aktor dalam game, komponen yang berinteraksi dengan user atau dengan objek yang lain.
Rooms
Setiap game minimal memiliki satu room. Room adalah wadah untuk objek-objek.
Included Files
File eksternal, biasanya untuk data.
Extensions
Library external, fungsi-fungsi tambahan dalam DLL atau Javascript.
Macros
Untuk menyimpan konstanta, variabel yang tidak berubah nilainya.
 
Dari penjelasan singkat mengenai 3 Scene Graph diatas maka dapat diambil kesimpulan bahwa diantara ketiga Scene Graph diatas memiliki kemampuan atau fitur yang berbeda beda disetiap Scene Graph memiliki kemampuan memang hampir sama namun ada beberapa fitur yang tidak dimiliki satu sama lain.
 
Sumber:
http://www.ogre3d.org
http://www.hermantolle.com/class/docs/unity-3d-game-engine/


Komentar

Postingan Populer