#PetGame Scene Graph
Assalamualaikum..
pada kesempatan kali saya akan membahas mengenai scene graph, dalam pembahasan ini saya akan memfokuskan kepada 3 buah 3D engine game yaitu OGRE 3D, Unity 3D, dan Game Maker.
1. OGRE 3D
OGRE 3D sejak tahun 2001 menjadi salah satu yang paling populer dalam Open source graphics rendering engine. OGRE (Object-oriented
Graphics Rendering Engine) adalah proyek open source yang diciptakan oleh Steve
Streeting dan masih terus dikembangkan oleh Ogre Team sampai saat ini. OGRE
adalah graphic engine yang bekerja secara
realtime. Berdasarkan pengertian ini
bisa diketahui bahwa OGRE hanya menangani grafis saja. Tetapi OGRE dapat digabungkan
dengan library - library lain sehingga menjadi sebuah game engine. OGRE
memungkinkan penggunanya untuk menampilkan Grafis 3D pada aplikasi yang dibuat
dengan cara yang berorientasi obyek.
Fitur dalam OGRE
- Sederhana, mudah digunakan berbasis objek dirancang untuk meminimalkan upaya yang diperlukan untuk membuat adegan 3D.
- Desain rapi, bersih dan dokumentasi penuh dari semua kelas.
- aplikasi berjalan cepat dan sederhana
2. Unity 3D
Unity merupakan ekosistem pengembangan
game: mesin render yang kuat terintegrasi dengan satu set lengkap alat
intuitif dan alur kerja yang cepat untuk membuat konten 3D interaktif,
penerbitan multiplatform yang mudah, ribuan kualitas, aset siap pakai di
Asset Store dan berbagi pengetahuan di komunitas.
Untuk developer dan studio independen,
Unity dengan demokratisasi ekosistem menghancurkan waktu dan biaya
hambatan untuk menciptakan permainan unik dan indah. Mereka menggunakan
Unity untuk membangun penghidupan melakukan apa yang mereka suka:
menciptakan permainan yang menghubungkan dan menyenangkan pemain pada
platform apapun.
Unity Software
Unity merupakan suatu aplikasi yang
digunakan untuk mengembangkan game multi platform yang didesain untuk
mudah digunakan. Unity itu bagus dan penuh perpaduan dengan aplikasi
yang profesional. Editor pada Unity dibuat degan user interface yang
sederhana. Editor ini dibuat setelah ribuan jam yang mana telah
dihabiskan untuk membuatnya menjadi nomor satu dalam urutan rankking
teratas untuk editor game. Grafis pada unity dibuat dengan grafis
tingkat tinggi untuk OpenGL dan directX. Unity mendukung semua format
file, terutamanya format umum seperti semua format dari art
applications. Unity cocok dengan versi 64-bit dan dapat beroperasi pada
Mac OS x dan windows dan dapat menghasilkan game untuk Mac, Windows,
Wii, iPhone, iPad dan Android.
Unity secara rinci dapat digunakan untuk
membuat video game 3D, real time animasi 3D dan visualisasi arsitektur
dan isi serupa yang interaktif lainnya. Editor Unity dapat menggunakan
plugin untuk web player dan menghasilkan game browser yang didukung oleh
Windows dan Mac. Plugin web player dapat juga dipakai untuk widgets
Mac. Unity juga akan mendukung console terbaru seperti PlayStation 3
dan Xbox 360. Pada tahun 2010, telah memperoleh Technology Innovation
Award yang diberikan oleh Wall Street Journal dan tahun 2009, Unity
Technology menjadi 5 perusahaan game terbesar. Tahun 2006, menjadi juara
dua pada Apple Design Awards.
Server aset dari Unity dapat digunakan
semua scripts dan aset game sebagai solusi dari versi kontrol dan dapat
mendukung proyek yang terdiri atas banyak gigabytes dan ribuan dari file
multi-megabyte. Editor Unity dapat menyimpan metadata dan versi mereka,
itu dapat berjalan , pembaharuan dan didalam perbandingan versi grafis.
Editor Unity dapat diperbaharui dengan sesegera mungkin seperti file
yang telah dimodifikasi. Server aset Unity juga cocok pada Mac, Windows
dan Linux dan juga berjalan pada PostgreSQL, database server opensource.
Perizinan atau license dari Unity ada dua
bentuk. Ada Unity dan Unity Pro. Versi Unity tersedia dalam bentuk
gratis, sedang versi Unity Pro hanya dapat dibeli. Versi Unity Pro ada
dengan fitur bawaan seperti efek post processing dan render efek
texture. Versi Unity merupakan yang gratis memperlihatkan aliran untuk
game web dan layar splash untuk game yang berdiri sendiri. Unity dan
Unity Pro menyediakan tutorial, isi, contoh project, wiki, dukungan
melalui forum dan perbaruan kedepannya. Unity digunakan pada iPhone,
iPod dan iPad operating system yang mana iOS ada sebagai add-ons pada
Unity editor yang telah ada lisensinya, dengan cara yang sama juga pada
Android.
Game yang dibuat dengan Unity 3D (Temple Run OZ) |
3. Game Maker
Gamemaker (GM) adalah game engine
untuk pengembangan game 2D yang dibuat oleh YoYoGame. GM bertujuan
membantu orang mengembangkan game tanpa perlu mengetahui bahasa
pemrograman terlebih dulu . GM menggunakan konsep visual coding
interface berbasis drag-drop sehingga cocok untuk pemula atau orang yang
belum kemampuan latar belakang pemrograman.
Bagi pengguna yang memiliki kemampuan
coding, GM menyediakan bahasa pemrograman untuk user yang
membutuhkannya yang disebut GameMaker Language (GML). GM dapat digunakan
untuk membuat game 3D, walaupun fokus utama tetap untuk game 2D
Ada beberapa versi untuk GM, versi
gratis hanya dapat membuat aplikasi Desktop Windows dengan splash screen
wajib, versi Pro mendapat tambahan fitur texture management, export ke
Windows App dan opsi untuk membeli modul export platform lain seperti
Android, HTML5, iOS. Sedangkan Versi Master adalah yang mahal dan paling
lengkap.
Komponen GameMaker
Sprites
Gambar
untuk game. Sprites dapat berisi gambar tunggal atau urutan gambar untuk
animasi.
Sounds
Suara
untuk efek atau backgroud. Format yang umum adalah OGG, MP3 dan WAV. WAV lebih
sering digunakan untuk sound effect.
Background
Gambar
untuk latar belakang. Backround digunakan untuk tiles (kumpulan gambar untuk
menggambarkan sebuah daerah) yang nanti diletakkan di game dengan room editor.
Background juga digunakan untuk menyimpan texture untuk game 3D.
Paths
Path
digunakan sebagai jalur untuk objek dalam game. Cocok misalnya untuk game
berjenis Tower Defense.
Scripts
Code
yang dapat digunakan objek game. Bisa saja satu objek menggunakan script yang
sama.
Shaders
Untuk
efek grafik seperti Gaussian Blur untuk pencahayaan.
TimeLines
Timer
untuk event.
Objects
Bersama
room, elemen terpenting dalam game. Objek adalah aktor dalam game, komponen
yang berinteraksi dengan user atau dengan objek yang lain.
Rooms
Setiap
game minimal memiliki satu room. Room adalah wadah untuk objek-objek.
Included Files
File
eksternal, biasanya untuk data.
Extensions
Library
external, fungsi-fungsi tambahan dalam DLL atau Javascript.
Macros
Untuk
menyimpan konstanta, variabel yang tidak berubah nilainya.
Dari penjelasan singkat mengenai 3 Scene Graph diatas maka dapat diambil kesimpulan bahwa diantara ketiga Scene Graph diatas memiliki kemampuan atau fitur yang berbeda beda disetiap Scene Graph memiliki kemampuan memang hampir sama namun ada beberapa fitur yang tidak dimiliki satu sama lain.
Sumber:
http://www.hermantolle.com/class/docs/unity-3d-game-engine/
Komentar
Posting Komentar